Cara Backup Rom Cyanogenmod android Menggunakan CWM/TWRP Recovery

Cara Backup Custom Rom Cyanogenmod android Menggunakan CWM/TWRP Recovery - Bagi anda yang suka dengan mengotak-atik baik itu system, tampilan, tweak serta install custom rom khusus nya cyanogenmod ( cm ) hal yang wajib anda lakukan ialah membackup custom rom.
Backup sangat lah penting untuk menjaga apabila ada hal yang di takutkan seperti error, gagal upgrade ( bootloop ) ketika anda ingin menginstall, flashing, upgrade atau downgrade sebuah rom atau firmware dengan versi os terbaru.

Cara Backup Custom Rom Cyanogenmod android Menggunakan CWM/TWRP Recovery

Sebelum menuju ke tahap selanjutnya alangkah baik nya anda memgetahui perngertian tentang backup ? Pengertian secara umum backup adalah aktifitas untuk membuat salinan berkas utama agar suatu waktu dibutuhkan jika berkas utama tidak ada maka bisa menggunakan salinannya yang identik. Secara spesifik backup yaitu proses menyalin file inti ke file salinan baik melalui proses kompresi maupun tidak, agar setiap saat dibutuhkan bisa di restore kembali seperti sebelumnya secara utuh.

Baca juga : cara install cwm recovery android tanpa pc 

Kenapa harus membackup terlebih dahulu? Karena fungsi backup kita dapat dengan mudah dan cepat mengembalikan file, data serta rom yang sebelum nya terinstall tanpa harus menginstall ulang android tersebut dari awal. hanya dengan sekali klik restore maka semua installan os android anda akan seperti semula tanpa harus menginstall  aplikasi terbaru.

Nah, tutorial kali ini kita dapat dengan mudah dan cepat tanpa menggunakan pc atau laptop untuk membackup custom rom ( firmware ) android yaitu hanya dengan menggunakan cwm atau twrp recovery yang terinstall di android anda.

Sebelum anda melalukan backup sebuah rom android hal utama yang wajib di miliki yaitu keadaan status android sudah di root dan terinstall cwm/twrp recovery.

Tutorial kali ini saya menggunakan samsung duos gt-i9082 dengan membackup costum rom cyanogenmod ( cm 13 ) resurrection remix 6.0 marshmalow.

1. Matikan android anda.
2. Masuk ke menu cwm/twrp recovery dengan cara tekan secara bersamaan tombol power, menu dan volume up.
3. Setelah masuk ke cwm recovery klik backup dan ceklis semua untuk backup dan pilih penyimpanan backup di external memory. Kemudian geser swipe to backup.
4. Tunggu beberapa saat karena proses backup sedang berlangsung.
5. Apabila sudah mencapai 100% backup complete. Maka backup sudah selesai.
6. Reboot android.
7. Untuk melihat hasil backup rom silahkan buka file manager atau xplore dan di situ terdapat folder dengan nama twrp-backups.

Baca yuks : Cara root semua type android menggunakan kingroot

Atau apabila anda ingin lebih jelas silahkan lihat video tutorial backup rom android ini..


Mungkin hanya ini yang dapat saya berikan tentang cara mudah backup custom rom cyanogenmod menggunakan cwm/twrp recovery. Semoga bermanfaat...

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Backup Rom Cyanogenmod android Menggunakan CWM/TWRP Recovery"

Post a Comment